Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy) RumahsayaBCA

Berikut ini adalah kebijakan yang diterapkan PT Bank Central Asia Tbk ("BCA") dalam menjaga dan memelihara privasi dan keamanan Anda pada saat Anda mengunjungi situs RumahsayaBCA.

 

  1. Kebijakan Privasi
  2. Pendahuluan

      Dalam rangka meningkatkan layanan PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”), kami senantiasa berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik (“Data Pribadi”). Hal ini tentunya sejalan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi. Kebijakan Privasi ini merupakan standar yang diterapkan oleh BCA dalam melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Ruang Lingkup Data Pribadi

      Data Pribadi yang dikumpulkan oleh BCA sehubungan dengan penyediaan produk dan jasa/layanan, meliputi Data Pribadi yang bersifat spesifik dan Data Pribadi yang bersifat umum.

      1. Data Pribadi yang bersifat spesifik
        Data Pribadi yang bersifat spesifik, antara lain:
        1. data biometerik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu, seperti gambar wajah, rekam sidik jari;
        2. data keuangan pribadi, seperti simpanan pada bank dan data kartu kredit; dan
        3. data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
      2. Data Pribadi yang bersifat umum
        Data Pribadi yang bersifat umum, antara lain:
        1. nama lengkap;
        2. jenis kelamin;
        3. kewarganegaraan;
        4. agama;
        5. status perkawinan;
        6. alamat;
        7. tempat dan tanggal lahir;
        8. nama gadis ibu kandung;
        9. pekerjaan;
        10. data pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang, seperti nomor telepon seluler dan IP Address

    Bagaimana BCA Memperoleh dan Mengumpulkan Data Pribadi

      BCA memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi melalui berbagai sarana dan aktivitas antara lain:

      • Website, Aplikasi, dan Formulir
        BCA dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi dari perangkat yang Anda gunakan pada saat mengakses website atau aplikasi yang disediakan oleh BCA, dan dari permohonan layanan perbankan yang Anda ajukan baik dengan mengisi formulir, melengkapi data permohonan melalui website, aplikasi BCA, dan media lainnya yang disediakan oleh BCA maupun pihak yang bekerja sama dengan BCA.
      • Komunikasi dan Interaksi Anda dengan BCA
        BCA dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi saat Anda melakukan komunikasi dan interaksi dengan BCA, antara lain pada saat Anda menghubungi layanan perbankan BCA, menjawab pertanyaan, memberikan informasi atau masukan, atau berpartisipasi dalam promosi, kontes, survei, atau konferensi yang diselenggarakan oleh BCA.
      • Aktivitas Transaksi
        BCA mengumpulkan informasi atas aktivitas transaksi Anda saat Anda dan/atau perwakilan resmi Anda melakukan transaksi dengan atau melalui sarana yang disediakan oleh BCA.
      • Media Sosial dan Forum Online
        BCA dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi melalui platform dan situs media sosial BCA yang Anda gunakan atau melalui forum online BCA yang Anda akses.
      • Lokasi Fisik
        BCA dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi baik secara langsung maupun tidak langsung, ketika Anda dan/atau perwakilan resmi Anda mengunjungi cabang, kantor, dan lokasi fisik lainnya yang berkaitan dengan BCA.
      • Afiliasi dan Pihak Ketiga
        BCA dapat memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi dari pihak terafiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA.

    Tujuan BCA Melakukan Pemrosesan Data Pribadi

      BCA akan melakukan pemrosesan atas Data Pribadi yang diperoleh maupun dikumpulkan oleh BCA untuk tujuan antara lain:

      1. penyediaan layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA bagi nasabah;
      2. menjalankan prinsip Customer Due Dilligence (CDD) sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
      3. memberikan personalisasi layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA yang kami sediakan untuk Anda;
      4. kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku termasuk namun tidak terbatas pada Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APU-PPT dan PPPSPM);
      5. menyelesaikan setiap permasalahan terkait akses Anda terhadap layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA;
      6. menindaklanjuti setiap keluhan atas layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA;
      7. evaluasi, peningkatan, dan/atau pembaruan fitur layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA dari waktu ke waktu;
      8. penawaran iklan/promosi maupun pemasaran atas layanan produk dan/atau jasa perbankan BCA atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA dan penyelenggaraan loyalty program, kepada nasabah seperti gift, undian, dan lainnya; dan
      9. tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan atau diwajibkan oleh ketentuan hukum yang berlaku.

    Pengungkapan Data Pribadi

      BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA, baik yang berlokasi di Indonesia atau di negara lain, untuk melaksanakan tujuan pemrosesan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Butir 4 Kebijakan Privasi ini. Dalam hal BCA mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA, BCA akan senantiasa meminta kepada afiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Hak Subjek Data Pribadi

      BCA senantiasa berkomitmen untuk memenuhi hak Anda sebagai Subjek Data Pribadi untuk mendapatkan informasi mengenai Data Pribadi Anda yang telah dikumpulkan dan diproses oleh BCA. Anda dapat meminta kepada BCA untuk memperbaiki, melengkapi, memperbarui, atau menghapus Data Pribadi Anda yang berada di bawah kendali BCA dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Namun demikian, BCA dapat menolak permintaan Anda antara lain apabila jika diperkenankan menurut ketentuan hukum yang berlaku atau permintaan Anda bertentangan dengan kepentingan hukum yang berlaku.

    Penyimpanan Data Pribadi

      BCA melakukan penyimpanan data sesuai dengan ketentuan retensi penyimpanan data di BCA. Sebagai contoh, BCA akan menyimpan data pribadi Anda dalam jangka waktu tertentu sejak Anda berinteraksi dengan BCA. BCA mungkin dapat menyimpan data Anda lebih lama dari batas waktu yang ditentukan jika hal tersebut diperlukan untuk kebutuhan hukum, membantu mendeteksi kejahatan keuangan, menjawab permintaan regulator atau aparat yang berwenang, dan hal lainnya. Data pribadi Anda disimpan selama tujuan pengumpulannya masih diperlukan untuk tujuan hukum atau kepentingan bisnis lainnya. Jika BCA tidak membutuhkan lagi informasi terkait data pribadi Anda, BCA dapat menghapus data pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku di BCA.

    Pengamanan Data Pribadi

      BCA menggunakan berbagai cara untuk menjaga Data Pribadi Anda tetap aman dan terlindungi, seperti penggunaan teknologi enkripsi dan bentuk keamanan lainnya. Di samping itu, BCA juga mewajibkan staf BCA dan pihak lain yang bekerja sama dengan BCA untuk patuh dan menaati seluruh ketentuan yang berlaku terkait pelindungan Data Pribadi dan menerapkan langkah-langkah pengamanan dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi.

    Perubahan Kebijakan Privasi

      BCA dapat mengubah, melengkapi, dan/atau mengganti Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa Kebijakan Privasi ini sejalan dengan prosedur dan praktik yang dijalankan oleh BCA dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi. BCA akan menyediakan Kebijakan Privasi terkini melalui website BCA di www.bca.co.id.

    Hubungi BCA

      Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi BCA di hotline 24 jam Halo BCA 1500 888 atau email BCA di halobca@bca.co.id.

  3. Pengamanan
    1. Sistem Pengamanan
    2. BCA menggunakan sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi Anda di situs RumahsayaBCA BCA, yaitu dengan:
      1. Secure Socket Layer ("SSL") yaitu teknologi pengamanan yang 'mengacak' jalur komunikasi antar perangkat sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.

      Karena banyaknya variasi browser internet yang ada, sulit untuk menyediakan fitur keamanan yang sesuai dengan spesifikasi teknis masing-masing browser. Saat ini BCA hanya menyediakan fitur keamanan yang hanya dapat diakses dengan menggunakan minimal:
      1. Chrome: untuk desktop, mobile, dan iOS minimum versi 60;
      2. Firefox: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 60;
      3. Safari mac OS: untuk mac, minimum safari versi 12;
      4. Safari mobile iOS: untuk mobile device seperti Iphone 6 ke atas, dengan minimum versi 12;
      5. Internet Explorer: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 11;
      6. Microsoft Edge: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 79.

    3. Situs RumahsayaBCA
    4. Di dalam situs RumahsayaBCA, BCA dapat menyediakan URL link ke situs lain yang tidak dikendalikan/dikontrol oleh BCA. BCA tidak bertanggung jawab atas isi dan keamanan dari situs tersebut. Jika Anda mengakses situs tersebut, silakan Anda memeriksa kebijakan privasi dan pengamanan situs tersebut.
      Jika Anda mengakses situs RumahsayaBCA melalui URL link dari situs lain, mohon pastikan kebenaran alamat yang Anda akses yaitu https://rumahsaya.bca.co.id.
      BCA dapat mengubah Kebijakan Privasi dan Pengamanan ini setiap saat agar sesuai/compatible dengan situasi dan teknologi terbaru. Anda setiap saat dapat membaca informasi dan kebijakan privasi situs RumahsayaBCA yang terbaru di https://rumahsaya.bca.co.id.

Kiat-Kiat Menggunakan Situs RumahsayaBCA dengan Lebih Aman 

Pada dasarnya sistem maupun jaringan situs RumahsayaBCA telah menggunakan sistem pengamanan yang optimal. Kondisi pengamanan situs RumahsayaBCA selalu dipantau dan ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi dan ancaman yang ada.

Ancaman pada sistem dapat dialami oleh semua pengguna internet termasuk pengguna situs RumahsayaBCA. Oleh karena itu BCA meminta Anda sebagai pengguna situs RumahsayaBCA untuk memperhatikan beberapa jenis ancaman yang mungkin Anda temui ketika mengakses internet. Kiat-kiat pengamanan terhadap ancaman yang dapat dilakukan sewaktu Anda menggunakan situs RumahsayaBCA, adalah sebagai berikut:

  1. Phising
  2. Phising adalah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia pihak lain seperti User ID, password dan Personal Identity Number (PIN). Ada beberapa cara antara lain:
    1. Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data Anda dengan alasan-alasan tertentu;
    2. Mengirim emailyang berisi login screen dan meminta Anda melakukan login dengan memasukkan User ID dan password;
    3. Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik BCA namun ternyata palsu.

    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Perlu diketahui bahwa BCA tidak pernah mengirim email seperti yang dijelaskan di atas kepada nasabah. Apabila Anda menerima email semacam itu yang kelihatannya berasal dari BCA, Anda dapat langsung menghapus email tersebut.
    2. Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan password Anda sudah diketahui oleh pihak lain, segera ganti password Anda atau hubungi Halo BCA jika Anda tidak bisa melakukan proses login.

  3. Virus/Worm
  4. Virus/Worm adalah program-program komputer/perangkat yang dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Pada umumnya virus merusak sistem operasi, aplikasi, dan data di komputer/perangkat yang terinfeksi. Virus dapat menyebar melalui banyak media, antara lain: e-mail, disket, CD, USB drive, flash memory, program dari internet maupun jaringan, dan juga dari halaman situs yang 'jahat'.
    Beberapa contoh dampak dari infeksi virus:
    1. Komputer/perangkat menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet);
    2. Komputer/perangkat menjadi lambat;
    3. Data di harddisk/memory card terhapus;
    4. Program aplikasi tidak dapat digunakan;
    5. Yang mirip dengan virus adalah Worm yang dibuat untuk dapat menyebar dengan cepat ke banyak komputer/perangkat. Walaupun umumnya Worm tidak menimbulkan kerusakan seperti virus, namun Worm dapat digunakan untuk membawa berbagai macam muatan/attachment yang berbahaya.

    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau mendownload file/program-program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

  5. Spyware
  6. Spyware adalah sejenis program komputer/perangkat yang diprogram untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/pribadi dari komputer/perangkat yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuat Spyware. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat e-mail, dan lain-lain.
    Spyware dapat terinstall melalui e-mail attachment, program yang diinstall dari sumber yang tidak jelas, atau pun oleh website yang 'jahat'.
    Virus dapat diprogram untuk menyebarkan Spyware. Namun, berbeda dengan Virus yang sifatnya lebih merusak, Spyware bekerja secara diam-diam agar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar Spyware.
    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mendownload file/program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

  7. Bot (roBot)
  8. Bot (roBot) adalah sejenis program komputer/perangkat yang apabila terinstall di komputer/perangkat Anda, dapat menyebabkan komputer/perangkat Anda dikendalikan oleh orang lain dari jarak jauh secara remote melalui jaringan sehingga pembuat/penyebar Bot dapat berbuat apa pun terhadap komputer/perangkat Anda.
    Umumnya komputer/perangkat yang telah dikendalikan oleh penyebar Bot (dikenal sebagai Botnet) akan digunakan untuk mengirim SPAM, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer/perangkat lain yang terkoneksi ke jaringan.
    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau mendownload file/program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

BCA berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy) RumahsayaBCA ini yang akan BCA beritahukan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

 

Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy)
RumahsayaBCA ini telah disesuaikan dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan termasuk Ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan

 

Rumahsaya oleh BCA

Rumahsaya.bca.co.id adalah website milik KPR BCA, dimana kami ingin membantu customer untuk dapat one stop solution KPR. Kamu bisa melakukan simulasi angsuran KPR di mana saja dan kapan saja, cukup kunjungi rumahsaya.bca.co.id. Jika membutuhkan konsultasi mengenai KPR, maka ada layanan live chat dengan Halo BCA yang siap membantu. Nah, tak hanya memberikan keuntungan yang berlipat, persyaratan pengajuan KPR BCA juga sangat mudah, kamu bisa cek syaratnya di rumahsaya.bca.co.id. Apabila kamu bertanya tentang properti disini BCA hanya sebagai pihak penghubung kamu dengan pihak lain, BCA tidak bertanggung jawab terhadap informasi yang rekanan berikan selain yang bisa di verifikasi oleh BCA.

Dengan mengakses situs ini, Anda telah menyetujui penggunaan cookies dari kami.

Guna mendapatkan pengalaman berselancar terbaik, gunakan Chrome dan firefox versi di atas 60, Safari IOS di atas 12, dan Safari Mac di atas 12. Terdapat kemungkinan beberapa fungsi tidak berjalan optimal pada browsermu saat ini. Segera perbarui browsermu untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.