Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy) RumahsayaBCA

Berikut ini adalah kebijakan yang diterapkan PT Bank Central Asia Tbk ("BCA") dalam menjaga dan memelihara privasi dan keamanan Anda pada saat Anda mengunjungi situs RumahsayaBCA.

 

  1. Kebijakan Privasi
  2. Pendahuluan

    Dalam rangka meningkatkan layanan PT Bank Central Asia Tbk (“BCA”), kami senantiasa berkomitmen untuk melindungi dan menjaga informasi/data tentang orang perseorangan yang teridentifikasi atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik atau nonelektronik (“Data Pribadi”). Hal ini sejalan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (“UU PDP”).

    Pemberitahuan Privasi ini merupakan pemberitahuan mengenai standar yang diterapkan oleh BCA dalam melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda yang berinteraksi dengan BCA seperti:

    • pengunjung website BCA;
    • nasabah dan pihak lain yang terkait dengan nasabah;
    • vendor atau mitra BCA; dan
    • setiap pihak yang menggunakan produk dan/atau layanan yang BCA sediakan maupun produk dan/atau layanan pihak lain yang bekerja sama dengan BCA;
    dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pemrosesan Data Pribadi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

    Ruang Lingkup Data Pribadi

    Data Pribadi yang dikumpulkan oleh BCA meliputi Data Pribadi yang bersifat spesifik dan Data Pribadi yang bersifat umum.

    1. Data Pribadi yang bersifat spesifik
      Data Pribadi yang bersifat spesifik, antara lain:
      1. data dan informasi kesehatan;
      2. data biometrik yang memungkinkan identifikasi unik terhadap individu, seperti gambar wajah, rekam sidik jari, dan rekam suara;
      3. data anak;
      4. data keuangan pribadi, seperti simpanan pada bank dan data kartu kredit; dan
      5. data lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
    2. Data Pribadi yang bersifat umum
      Data Pribadi yang bersifat umum, antara lain:
      1. nama lengkap;
      2. Nomor Induk Kependudukan (NIK);
      3. jenis kelamin;
      4. kewarganegaraan;
      5. agama;
      6. status perkawinan;
      7. alamat;
      8. tempat dan tanggal lahir;
      9. nama gadis ibu kandung;
      10. pekerjaan; dan/atau
      11. data pribadi yang dikombinasikan untuk mengidentifikasi seseorang, seperti nomor telepon seluler dan IP Address.

    Bagaimana BCA Memperoleh dan Mengumpulkan Data Pribadi

    BCA memperoleh dan mengumpulkan Data Pribadi melalui berbagai sarana dan aktivitas antara lain:

    1. pada saat Anda mengajukan permohonan layanan/fasilitas perbankan BCA dan/atau layanan/fasilitas pihak lain yang bekerja sama dengan BCA baik dengan mengisi formulir, melengkapi data permohonan layanan/fasilitas melalui website, aplikasi BCA, dan media lainnya yang disediakan oleh BCA maupun pihak lain yang bekerja sama dengan BCA;
    2. pada saat Anda melakukan pendaftaran sebagai mitra/vendor BCA;
    3. pada saat Anda melakukan pengkinian data melalui sarana yang disediakan oleh BCA;
    4. pada saat Anda melakukan transaksi melalui layanan/fasilitas perbankan BCA;
    5. pada saat Anda melakukan komunikasi dan interaksi dengan BCA, antara lain pada saat Anda menghubungi call center BCA, menjawab pertanyaan, menyampaikan keluhan, memberikan informasi atau masukan, atau berpartisipasi dalam promosi, kontes, survei, atau kegiatan yang diselenggarakan oleh BCA;
    6. pada saat Anda dan/atau perwakilan resmi Anda melakukan transaksi dengan atau melalui sarana yang disediakan oleh BCA;
    7. melalui aplikasi/platform dan media sosial BCA yang Anda gunakan/akses atau melalui forum online BCA yang Anda akses;
    8. dari perangkat yang Anda gunakan pada saat mengakses website atau aplikasi yang disediakan oleh BCA atau pihak yang bekerja sama dengan BCA;
    9. ketika Anda dan/atau perwakilan Anda mengunjungi cabang, kantor, dan lokasi fisik lainnya yang berkaitan dengan BCA;
    10. dari alat pemroses atau pengolah data visual yang terdapat di cabang, kantor, dan lokasi fisik lainnya yang berkaitan dengan BCA (seperti: CCTV); dan/atau
    11. dari pihak terafiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA.

    Dasar BCA Melakukan Pemrosesan Data Pribadi

    BCA melakukan pemrosesan Data Pribadi yang diperoleh maupun dikumpulkan oleh BCA atas dasar pemrosesan sebagai berikut:

    No Dasar Pemrosesan Data Pribadi Deskripsi

    1

    Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation)

    BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk memenuhi kewajiban perjanjian antara Anda dengan BCA atau untuk memenuhi permintaan Anda

    2

    Persetujuan (Consent)

    BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda berdasarkan persetujuan yang telah Anda berikan kepada BCA

    3

    Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation)

    BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda berdasarkan kewajiban hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

    4

    Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk memenuhi kepentingan yang sah lainnya dengan memperhatikan tujuan, kebutuhan, dan keseimbangan kepentingan antara BCA dengan hak Anda selaku subjek Data Pribadi

     5  Public Interest BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk memenuhi kepentingan umum, pelayanan publik, atau pelaksanaan kewenangan BCA berdasarkan peraturan perundang-undangan
     6  Vital Interest BCA dapat melakukan pemrosesan atas Data Pribadi Anda untuk melindungi kepentingan vital Anda selaku subjek Data Pribadi.

    Tujuan BCA Melakukan Pemrosesan Data Pribadi

    BCA akan melakukan pemrosesan atas Data Pribadi yang diperoleh maupun dikumpulkan oleh BCA untuk tujuan antara lain:

    No Tujuan Pemrosesan Data Pribadi Deskripsi Dasar Pemrosesan Data Pribadi

    1

    Penyediaan produk dan/atau jasa perbankan

    • menyediakan produk dan/atau jasa perbankan BCA bagi Anda;
    • memberikan personalisasi produk dan/atau jasa perbankan BCA yang disediakan untuk Anda.
    • Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation); dan/atau
    • Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    2

    Pemrosesan transaksi perbankan

    menjalankan transaksi perbankan yang Anda instruksikan kepada BCA, seperti: transfer dana dan Outward Remmitance.

    3

    Complaint Handling

    • menindaklanjuti setiap keluhan atas produk dan/atau jasa perbankan BCA atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA;
    • menyelesaikan setiap permasalahan terkait akses Anda terhadap produk dan/atau jasa perbankan BCA.
    • Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation);
    • Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation); dan/atau
    • Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    4

    Keamanan

    menjaga keamanan cabang, kantor, dan lokasi fisik lainnya yang berkaitan dengan BCA melalui pemasangan alat pemroses atau pengolah data visual (seperti: CCTV).

    Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    5

    Kepatuhan terhadap ketentuan hukum yang berlaku

    • menjalankan prinsip Customer Due Diligence (CDD) sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
    • pelaporan kepada regulator termasuk namun tidak terbatas pada laporan terkait dengan program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal (APU-PPT dan PPPSPM).
    • kepatuhan terhadap ketentuan hukum lainnya yang berlaku.

    Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation)

    6

    Monitoring dan Audit

    • melakukan monitoring atas penyediaan dan penggunaan layanan dan/atau produk perbankan BCA;
    • melakukan audit secara berkala, baik oleh auditor internal maupun auditor eksternal.
    • Pemenuhan kewajiban hukum (Legal Obligation); dan/atau
    • Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    7

    Survei dan Riset

    melakukan evaluasi, peningkatan, dan/atau pembaruan fitur produk dan/atau jasa perbankan BCA dari waktu ke waktu.

    Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    8

    Marketing dan Campaign

    • melakukan penawaran iklan/promosi maupun pemasaran atas produk dan/atau jasa perbankan BCA atau pihak lain yang bekerja sama dengan BCA;
    • penyelenggaraan loyalty program, kepada nasabah seperti gift, undian, dan lainnya

    Persetujuan (Consent)

     

    9

    Kerja Sama

    • untuk keperluan pelaksanaan kerja sama yang telah Anda buat dengan BCA.
    • Pemenuhan kewajiban perjanjian (Contractual Obligation);
    • Persetujuan (Consent); dan/atau
    • Pemenuhan kepentingan yang sah lainnya (Legitimate Interest)

    Pengungkapan Data Pribadi kepada Pihak lain

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi BCA atau pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA, baik yang berlokasi di Indonesia atau di negara lain, untuk melaksanakan tujuan pemrosesan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pemberitahuan Privasi ini dengan hubungan peran sebagai berikut:

    • Pengendali Data Pribadi – Pengendali Data Pribadi;
    • Pengendali Data Pribadi dan Prosesor Data Pribadi; dan/atau
    • Pengendali Data Pribadi Bersama.
    No Pihak lain yang Menerima Data Pribadi Anda Deskripsi

    1

    Afiliasi BCA

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi BCA untuk keperluan penawaran produk dan/atau layanan milik afiliasi BCA dan analisis atas permohonan produk dan/atau layanan yang Anda ajukan kepada BCA dan/atau afiliasi BCA.

    2

    Vendor

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada vendor untuk keperluan penyediaan layanan kepada Anda, seperti: perusahaan ekspedisi.

    3

    Penasihat atau Auditor

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada akuntan, auditor, lawyer, dan/atau penasihat lainnya yang jasanya kami gunakan.

    4

    Instansi Berwenang

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda apabila:

    • instansi berwenang meminta Data Pribadi Anda kepada kami;
    • kami diwajibkan untuk melakukan pelaporan kepada instansi berwenang.

    5

    Pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA

    BCA dapat mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada pihak lain yang bekerja sama dengan BCA untuk tujuan pemrosesan Data Pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pemberitahuan Privasi ini

    Dalam hal BCA mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada afiliasi BCA, mitra BCA, auditor, dan pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA, BCA akan senantiasa meminta kepada afiliasi BCA, mitra BCA, auditor, dan pihak lainnya yang bekerja sama dengan BCA untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan atas Data Pribadi Anda sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Hak Subjek Data Pribadi

    BCA senantiasa berkomitmen untuk memenuhi hak Anda sebagai Subjek Data Pribadi. Anda dapat meminta kepada BCA untuk:

    • melengkapi, memperbarui, dan/atau memperbaiki kesalahan dan/atau ketidakakuratan Data Pribadi Anda (Pasal 6 UU PDP);
    • mengakhiri pemrosesan, menghapus, dan/atau memusnahkan Data Pribadi Anda (Pasal 8 UU PDP);
    • tidak melakukan pemrosesan Data Pribadi Anda tanpa dasar pemrosesan Data Pribadi (legal basis);
    • menarik kembali persetujuan pemrosesan Data Pribadi Anda (Pasal 9 UU PDP);
    • menunda atau membatasi pemrosesan Data Pribadi secara proporsional sesuai dengan tujuan pemrosesan Data Pribadi (Pasal 11);
    • melakukan tindakan lainnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku yang mengatur mengenai pelindungan Data Pribadi;

    yang berada di bawah kendali BCA dengan tetap memperhatikan ketentuan hukum yang berlaku. Namun demikian, BCA berhak untuk tidak memenuhi permintaan Anda antara lain apabila:

    • Data Pribadi tersebut masih diperlukan untuk pencapaian tujuan pemrosesan Data Pribadi;
    • berdampak pada pengungkapan Data Pribadi milik orang lain;
    • bertentangan dengan kepentingan pertahanan dan keamanan nasional;
    • diperkenankan menurut ketentuan hukum yang berlaku atau permintaan Anda bertentangan dengan kepentingan hukum yang berlaku.

    Penyimpanan Data Pribadi

    BCA melakukan penyimpanan data sesuai dengan ketentuan retensi penyimpanan data di BCA. Sebagai contoh, BCA akan menyimpan Data Pribadi Anda dalam jangka waktu tertentu sejak Anda berinteraksi dengan BCA. BCA dapat menyimpan Data Pribadi Anda lebih lama dari batas waktu yang ditentukan jika hal tersebut diperlukan untuk kebutuhan hukum, pembuktian di kemudian hari, membantu mendeteksi kejahatan keuangan, menjawab permintaan regulator atau aparat yang berwenang, dan hal lainnya. Data Pribadi Anda disimpan selama tujuan pengumpulannya masih diperlukan untuk tujuan hukum atau kepentingan bisnis lainnya. Jika BCA tidak membutuhkan lagi informasi terkait Data Pribadi Anda atau masa penyimpanan Data Pribadi telah berakhir sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku atau ketentuan yang berlaku di BCA, maka BCA dapat menghapus atau memusnahkan Data Pribadi Anda.

    Pengamanan Data Pribadi

    BCA menggunakan berbagai cara untuk menjaga Data Pribadi Anda tetap aman dan terlindungi. Di samping itu, BCA senantiasa memberikan edukasi kepada setiap staf BCA yang mengakses Data Pribadi menjaga kerahasiaan dan keamanan Data Pribadi. BCA juga mewajibkan staf BCA dan pihak lain yang bekerja sama dengan BCA untuk patuh dan menaati seluruh ketentuan yang berlaku terkait pelindungan Data Pribadi dan menerapkan langkah-langkah pengamanan dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi.

    Perubahan Pemberitahuan Privasi

    BCA dapat mengubah, melengkapi, dan/atau mengganti Pemberitahuan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa Pemberitahuan Privasi ini sejalan dengan ketentuan hukum yang berlaku, prosedur, dan praktik yang dijalankan oleh BCA dalam melakukan pemrosesan Data Pribadi. BCA akan menyediakan Pemberitahuan Privasi terkini melalui website BCA di www.bca.co.id.

    Bahasa

    Pemberitahuan Privasi ini dibuat dan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terdapat penjelasan/ketentuan yang berbeda antara versi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris atau terjadi sengketa atas penafsiran suatu ketentuan, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku.

    Hubungi BCA

    Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi BCA di hotline 24 jam Halo BCA 1500 888 atau email BCA di halobca@bca.co.id.


  3. Pengamanan
    1. Sistem Pengamanan
    2. BCA menggunakan sistem pengamanan untuk melindungi akses dan transaksi Anda di situs RumahsayaBCA BCA, yaitu dengan:
      1. Secure Socket Layer ("SSL") yaitu teknologi pengamanan yang 'mengacak' jalur komunikasi antar perangkat sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain.

      Karena banyaknya variasi browser internet yang ada, sulit untuk menyediakan fitur keamanan yang sesuai dengan spesifikasi teknis masing-masing browser. Saat ini BCA hanya menyediakan fitur keamanan yang hanya dapat diakses dengan menggunakan minimal:
      1. Chrome: untuk desktop, mobile, dan iOS minimum versi 60;
      2. Firefox: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 60;
      3. Safari mac OS: untuk mac, minimum safari versi 12;
      4. Safari mobile iOS: untuk mobile device seperti Iphone 6 ke atas, dengan minimum versi 12;
      5. Internet Explorer: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 11;
      6. Microsoft Edge: untuk desktop PC, mobile device minimum versi 79.

    3. Situs RumahsayaBCA
    4. Di dalam situs RumahsayaBCA, BCA dapat menyediakan URL link ke situs lain yang tidak dikendalikan/dikontrol oleh BCA. BCA tidak bertanggung jawab atas isi dan keamanan dari situs tersebut. Jika Anda mengakses situs tersebut, silakan Anda memeriksa kebijakan privasi dan pengamanan situs tersebut.
      Jika Anda mengakses situs RumahsayaBCA melalui URL link dari situs lain, mohon pastikan kebenaran alamat yang Anda akses yaitu https://rumahsaya.bca.co.id.
      BCA dapat mengubah Kebijakan Privasi dan Pengamanan ini setiap saat agar sesuai/compatible dengan situasi dan teknologi terbaru. Anda setiap saat dapat membaca informasi dan kebijakan privasi situs RumahsayaBCA yang terbaru di https://rumahsaya.bca.co.id.

Kiat-Kiat Menggunakan Situs RumahsayaBCA dengan Lebih Aman 

Pada dasarnya sistem maupun jaringan situs RumahsayaBCA telah menggunakan sistem pengamanan yang optimal. Kondisi pengamanan situs RumahsayaBCA selalu dipantau dan ditingkatkan sejalan dengan perkembangan teknologi dan ancaman yang ada.

Ancaman pada sistem dapat dialami oleh semua pengguna internet termasuk pengguna situs RumahsayaBCA. Oleh karena itu BCA meminta Anda sebagai pengguna situs RumahsayaBCA untuk memperhatikan beberapa jenis ancaman yang mungkin Anda temui ketika mengakses internet. Kiat-kiat pengamanan terhadap ancaman yang dapat dilakukan sewaktu Anda menggunakan situs RumahsayaBCA, adalah sebagai berikut:

  1. Phising
  2. Phising adalah cara-cara penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan informasi-informasi rahasia pihak lain seperti User ID, password dan Personal Identity Number (PIN). Ada beberapa cara antara lain:
    1. Berpura-pura sebagai seseorang dari pihak bank dan meminta data Anda dengan alasan-alasan tertentu;
    2. Mengirim emailyang berisi login screen dan meminta Anda melakukan login dengan memasukkan User ID dan password;
    3. Mengirim URL link ke situs yang dibuat semirip mungkin dengan situs resmi milik BCA namun ternyata palsu.

    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Perlu diketahui bahwa BCA tidak pernah mengirim email seperti yang dijelaskan di atas kepada nasabah. Apabila Anda menerima email semacam itu yang kelihatannya berasal dari BCA, Anda dapat langsung menghapus email tersebut.
    2. Apabila Anda terlanjur mengisi informasi yang diminta atau merasa bahwa User ID dan password Anda sudah diketahui oleh pihak lain, segera ganti password Anda atau hubungi Halo BCA jika Anda tidak bisa melakukan proses login.

  3. Virus/Worm
  4. Virus/Worm adalah program-program komputer/perangkat yang dibuat dengan tujuan-tujuan tertentu. Pada umumnya virus merusak sistem operasi, aplikasi, dan data di komputer/perangkat yang terinfeksi. Virus dapat menyebar melalui banyak media, antara lain: e-mail, disket, CD, USB drive, flash memory, program dari internet maupun jaringan, dan juga dari halaman situs yang 'jahat'.
    Beberapa contoh dampak dari infeksi virus:
    1. Komputer/perangkat menjadi tidak stabil dan sering 'hang' (macet);
    2. Komputer/perangkat menjadi lambat;
    3. Data di harddisk/memory card terhapus;
    4. Program aplikasi tidak dapat digunakan;
    5. Yang mirip dengan virus adalah Worm yang dibuat untuk dapat menyebar dengan cepat ke banyak komputer/perangkat. Walaupun umumnya Worm tidak menimbulkan kerusakan seperti virus, namun Worm dapat digunakan untuk membawa berbagai macam muatan/attachment yang berbahaya.

    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau mendownload file/program-program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

  5. Spyware
  6. Spyware adalah sejenis program komputer/perangkat yang diprogram untuk 'mencuri' informasi-informasi penting/pribadi dari komputer/perangkat yang terinfeksi dan mengirimnya ke lokasi tertentu di internet untuk kemudian diambil oleh pembuat Spyware. Informasi yang menjadi target utama contohnya: nomor kartu kredit, User ID dan PIN/password, nomor rekening, alamat e-mail, dan lain-lain.
    Spyware dapat terinstall melalui e-mail attachment, program yang diinstall dari sumber yang tidak jelas, atau pun oleh website yang 'jahat'.
    Virus dapat diprogram untuk menyebarkan Spyware. Namun, berbeda dengan Virus yang sifatnya lebih merusak, Spyware bekerja secara diam-diam agar tidak terlacak sehingga lebih mudah mengumpulkan informasi yang diinginkan sang pembuat/penyebar Spyware.
    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau bahkan mendownload file/program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

  7. Bot (roBot)
  8. Bot (roBot) adalah sejenis program komputer/perangkat yang apabila terinstall di komputer/perangkat Anda, dapat menyebabkan komputer/perangkat Anda dikendalikan oleh orang lain dari jarak jauh secara remote melalui jaringan sehingga pembuat/penyebar Bot dapat berbuat apa pun terhadap komputer/perangkat Anda.
    Umumnya komputer/perangkat yang telah dikendalikan oleh penyebar Bot (dikenal sebagai Botnet) akan digunakan untuk mengirim SPAM, Virus, Worm atau untuk menyerang komputer/perangkat lain yang terkoneksi ke jaringan.
    Kiat-kiat pengamanan:
    1. Gunakan anti-virus ter-update di komputer/perangkat Anda, dan pastikan bahwa komputer/perangkat Anda di-scan secara berkala.
    2. Banyak virus yang datang melalui e-mail yang diterima, sehingga Anda harus lebih hati-hati pada waktu menggunakan e-mail. Hapus e-mail yang mencurigakan atau yang datang dari pengirim yang tidak dikenal, dan scan e-mail attachment sebelum dibuka.
    3. Gunakan firewall pada sistem operasi di komputer/perangkat Anda atau install personal firewall dan pastikan bahwa pengaturan firewall yang terpasang dapat mengamankan komputer/perangkat Anda.
    4. Sebaiknya Anda tidak mengakses atau mendownload file/program di internet dari situs yang tidak dikenal/tidak dapat diyakini keabsahannya.
    5. Scan file yang berasal dari disket, CD maupun USB drive yang Anda terima.
    6. Pastikan bahwa sistem operasi maupun aplikasi di komputer/perangkat Anda sudah dilindungi dengan sistem proteksi terkini.

BCA berhak untuk mengubah, melengkapi, atau mengganti Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy) RumahsayaBCA ini yang akan BCA beritahukan dalam bentuk dan melalui sarana apa pun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. 

 

Kebijakan Privasi dan Pengamanan (Privacy and Security Policy)
RumahsayaBCA ini telah disesuaikan dengan Ketentuan Peraturan Perundang-undangan termasuk Ketentuan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan

 

Rumahsaya oleh BCA

Rumahsaya.bca.co.id adalah website milik KPR BCA, dimana kami ingin membantu customer untuk dapat one stop solution KPR. Kamu bisa melakukan simulasi angsuran KPR di mana saja dan kapan saja, cukup kunjungi rumahsaya.bca.co.id. Jika membutuhkan konsultasi mengenai KPR, maka ada layanan live chat dengan Halo BCA yang siap membantu. Nah, tak hanya memberikan keuntungan yang berlipat, persyaratan pengajuan KPR BCA juga sangat mudah, kamu bisa cek syaratnya di rumahsaya.bca.co.id. Apabila kamu bertanya tentang properti disini BCA hanya sebagai pihak penghubung kamu dengan pihak lain, BCA tidak bertanggung jawab terhadap informasi yang rekanan berikan selain yang bisa di verifikasi oleh BCA.

Dengan mengakses situs ini, Anda telah menyetujui penggunaan cookies dari kami.

Guna mendapatkan pengalaman berselancar terbaik, gunakan Chrome dan firefox versi di atas 60, Safari IOS di atas 12, dan Safari Mac di atas 12. Terdapat kemungkinan beberapa fungsi tidak berjalan optimal pada browsermu saat ini. Segera perbarui browsermu untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.